Selamat tinggal Foundation Abu-abu Monyet !

Pasti beberapa dari kalian sering nih menemukan orang dijalan yang wajah sama badan kontradiktif sekali. Yap, pasti nggak banget kan!. Kali ini aku mau share tips dari aku buat cari shades foundie terbaik untuk kulit kalian. Khususnya buat yang sering belanja online. I feel you Ladies!.

Fenomena foundation yang ashy dikulit itu ada beberapa penyebab yang bisa dijelaskan tidak secara rinci, tapi minimal kalian paham lah ya hehe. Penyebab pertama kenapa foundation itu bisa ashy adalah warna foundation yang dipilih terlalu jauh lebih putih dari warna kulit kalian yang asli, sehingga menimbulkan ketidakcocokan. Nah hal ini sering terjadi di kalangan teman-teman wanita yang ingin terlihat lebih putih, tapi jadinya muka abu-abu :(.  Begini para beauty enthusiast, Kulit kalian itu cantik kok, mau warnanya sawo mateng, sawo mentah, kuning langsat, hitam, putih, dilangit yang biru. Aduh kok jadi kemana-mana. Maksudnya, kalian harus sayang dulu sama warna kulit kalian. Kalau nyatanya memang warnanya Tan eksotis kaya mba Tara Basro, jangan dong kalian pake foundation yang shadesnya ivory. Jelas nanti gajadi cantik, yang ada malah kaya centong nasi tau ga? hehehe becanda :)

Lalu, penyebab kedua dari warna yang terlalu terang yaitu menentukan undertone yang salah. Undertone kulit itu maksudnya warna dasar kulit. Manusia itu warna dasar kulitnya beda-beda tergantung dari suku, ras dan macam-macam. Undertone kulit manusia terbagi atas tiga jenis yaitu Warm, Neutral, dan Cool. Nah rata-rata kulit wanita indonesia ini kebanyakan Warm kalau ngga ya Neutral. Tapi ngga menutup kemungkinan ada juga yang undertone-nya Cool. Menentukan undertone kulit itu emang susah-susah gampang. Berdasarkan beberapa sumber blog lain dan juga artikel-artikel di internet yang telah ku baca ada beberapa cara untuk melihat undertone mana milik kalian.

Ini penjelasan singkat tentang menentukan perbedaan undertone kulit Cool, Warm, Neutral. Pertama, bisa dilihat dari warna nadi yang ada dipergelangan tangan. Apabila warna nadi yang tampak itu berwarna biru maka undertone kalian berarti cool. Bila nadi kalian yang terlihat itu berwarna hijau berarti undertone kalian warm. Namun kalau kalian tidak bisa menentukan warna hijau atau biru berarti kalian ber-undertone Neutral. Biasanya orang yang memiliki undertone Cool kulitnya cenderung pinkish,  tipikal kalau kena matahari jadinya sunburn bukan tan. Itu biasanya undertone Cool. Sedangkan bisa undertonenya Warm, terkena sinar matahari berjemur lama makin tan dan eksotis. 




Bila masih kesulitan dengan menentukan undertone kulitmu, bisa dengan menaruh kertas HVS putih disamping wajahmu dan lihat dikaca. Apakah kulitmu cenderung ke kuning, pink atau keduanya. Jika cenderung ke kuning maka undertonemu adalah warm, bila itu pink maka undertonemu adalah cool. Kalau terlihat ada dua-duanya maka kamu memiliki undertone netral. 

Kenapa penting menentukan undertone warna kulitmu?

Jawabannya simple, karena dengan kamu mampu menentukan undertone warna kulitmu, kamu bisa menyesuaikan warna foundation dengan mudah begitu juga runtutan kompleksion lainnya seperti bedak dan blush on. Seperti yang aku sudah jelaskan diatas, bahwa foundationmu mungkin warnanya sudah tepat tapi undertone foundationmu itu pinkish, sedangkan undertone kulit wajahmu warm. Ini yang sering aku temui jika jalan-jalan ke mall, melihat mbak-mbak cantik tapi memilih undertone foundation kurang tepat. Bila ingin wajahmu tampak berseri pinkish, bisa diakali dengan pemilihan blush on yang tepat juga dan kompleksion yang glowing.

Lalu bagaimana kalau sudah terlanjut beli foundation yang salah undertonenya, masa dibuang?

Jangan dong cantik, eman banget itu fondie main buang-buang aja. Udah mahal-mahal beli, kan belinya pake duit bukan pake daon. Ada solusinya untuk fondie keliru undertone yaitu dengan pemilihan warna bedak. Jika kalian sudah beli fondie yang misal undertonenya pinkish gitu kan, nah terus kalian beli lah bedak tabur yang cenderung ke kuning warnanya. Itu membantu mengembalikan warna kuning dengan ditimpa lagi warna pinknya. Ditambah juga bronzer biar rona wajah kalian makin warm. 


Kalo warnanya terlalu jauh lebih terang dan ternyata beda undertone gimana ya?

Wah ini yang agak PR sih, kalo aku dulu pernah ngakalinnya dengan pakai bedak yang sesuai warna kulit ku. Cuma tidak membantu banyak. Justru lebih baik dijadikan fondie campuran dengan fondie lain. Aku lebih menyarankan itu sih hehehe. 

Buat kalian yang hobi banget belanja makeup online, pasti sering ngalamin kejadian kaya gitu. Entah antara shadesnya terlalu terang, undertonenya ga sesuai dan masih banyak lagi. Hal-hal kaya begitu pasti bikin gengges ga sih? Apalagi udah belinya nunggu ada promo yak! hahaha tenang aku juga sering kok kaya gitu. Saranku untuk kalian yang memang doyan banget belanja online terutama fondation, sebelum memilih shades itu pastikan kalian udah baca review-reviewnya. Nonton videonya di youtube siapa aja yang pernah nyobain shades yang kalian pengen. Lalu lihat hasilnya disitu. Kira-kira kalian punya warna kulit serupa atau tidak. Itu aja sih tips dari aku yaa!!

Thankyou sudah mampir, nantikan postingan aku yang lain-lain ya!!


Komentar

Postingan Populer