Banyak Macem Brush Bikin Pusing? Nih Rekomendasi Brush untuk Pemula!

Sedikit banyak aku pernah ngerasain bingung, kenapa banyak banget macam brush untuk satu muka. Hanya satu muka, kenapa jenisnya banyak? Kenapa ngga cuma satu dan multifungsi?. Ya itu aku dulu sebelum kenal dunia dandan ini ya. Kala itu aku masih dungu, sekarang masih juga sih hehe.

Sejatinya jenis-jenis brush ini hanya membantu saja, tapi tetap kamu bebas menggunakan brush ini tidak pada fungsinya. Seperti ilmu ekonomi ada demand ada supply. Sama pula dengan bentuk brush ini, diciptakan untuk mempermudah para pengguna makeup untuk mengaplikasikan produk. Buat awam pasti pusing yaa? tenang aja kok ini aku jelaskan dengan mudah aja untuk pemula ya.

 

1. Brush Bedak

Powder Brush

Brush ini gampang banget buat dikenali cantik! Mudah banget pasti bentuknya paling gede karena mencakup banyak permukaan makanya dia dibuat sangat lebar dan loose sekali untuk menyapu bedak diatas permukaan wajah. 

2. Brush Foundation

Flat top Fondie Brush
Brush Fondie

Untuk brush ini ada dua macam setauku ya, bisa dikoreksi kalau salah. Ada yang berbentuk padat flat top dan ada yang kaya kuas painting tau ga? hahaha bisa dilihat di gambar bawah ya. Aku pribadi lebih suka pakai brush yang bulat padat ini, karena dia tidak menyerap banyak produk foundation dan juga hasilnya jauh lebih tebal jadi tidak perlu memakai banyak produk bila pakai kuas ini.

 

3. Brush untuk blush on

Blush on Brush

Bentuknya biasanya lebih kecil dari brush bedak, tapi serupalah bentuknya. 

 

4. Brush highlighter


Pernah bingung ngga sama brush yang berbentuk serupa kaya kipas? Nama lainnya memang fan brush. Biasanya ini digunakan untuk mengaplikasikan highlighter ke wajah. Kenapa bentuknya lebar dan pipih? Highlighter digunakan pada titik-titik yang menonjol diwajah. Fungsinya simple untuk membuat ilusi bahwa wajahmu bersinar saat terkena cahaya. Letak-letak highlighter diaplikasikan pada cheekbone, hidung, dagu, cupid bone, dan jidat bagian atas alis. 

 

5. Brush untuk blending eyeshadow

Blending Brush Eyeshadow

Menurutku yang sudah mencoba berbagai macam brush. Blending brush untuk eyeshadow ini amat sangat krusial posisinya untuk eyeshadow. Kenapa? pernah ga lihat eyeshadow yang rapiiiih banget hasil karya-karya MUA ternama? warnanya bisa menjadi satu kesatuan yang berkesinambungan tapi tetep terlihat warna-warna apa saja yang dipakai. Misal nih contohnya pakai warna dasar orange, lalu ditimpa lagi dengan ungu tua, lalu ditimpa lagi dengan warna hijau olive. Blending brush adalah salah satu alat penunjang terbesar untuk mahakarya seperti itu tapi entu saja selain skill, jam terbang dan juga jenis pallete eyeshadow yang digunakan ya. 

 

6. Brush kecil untuk aplikasiin eyeshadow di kelopak mata

Eyeshadow Brush Flat

Bentuknya pipih, mini versi dari brush fondie. Ini biasanya digunakan untuk aplikasiin eyeshadow yang shimmering gituuu


7. Last but not least. Spoolie Brush


Ini salah satu equipment wajib untuk para pemula. Spoolie ini membantu sekali buat kalian yang punya alis bushy  atau alisnya tipis sekalipun. Ada dua jenis sebenernya sikat untuk alis. Cuma aku prefer berbentuk spoolie ketimbang yang berbentuk sikat gigi. Alasannya? simple, karena yang berbentuk spoolie lebih mudah digunakan. Kenapa alis disikat atau disisirin sih? Kan bentuknya juga bakal tetep begitu-begitu aja? Weits, jangan salah hey! Buat yang doyan menggambar alis, rambut alis bila disisir terlebih dahulu mempermudah kita saat menggambar alis. Mengapa? Karena dengan begitu sudah tau arah rambut alis mata kita kemana, sehingga bisa mengikuti alurnya.

 

8. Angled brush


Brush jenis ini digunaka untuk aplikasi kontur atau bronzer wajah. Kenapa bentuknya harus miring-miring segala sih? Yaelah, mengikuti lekuk wajah kalian. Kontur diaplikasikan dibawah cheekbone ditarik garis miring dari situ sesuai bentuk wajah masing-masing. Makanya berbentuk angled brush.

 

Begitulah kira-kira 8 macam brush wajib yang perlu dipunya untuk pemula. Para newbie yang pengen belajar makeup tapi gatau harus mulai dari mana. Bisa mulai dengan membeli ke-depalan brush yang sudah aku jelasin ya! Kenapa banyak banget macemnya brush? Sesuai kebutuhan sebenernya, kaya pelukis saja, jenis brush juga beragam macem kan? Karena kebutuhan untuk melukis hal-hal detail tidak mungkin menggunakan brush yang besar. Fungsinya sama untuk melukis dan bisa sebetulnya menggunalan brush yang besar tapi pasti kesulitan dan tidak bisa mencapai hasil yang diinginkan. Sama pula dengan makeup, bisa saja kamu mengaplikasikan eyeshadow dengan brush yang lebar, tapi hasilnya juga tidak akan maksimal kan?

 

Sekain dulu ya dari aku, See you on next posting-an!

 

 

Komentar

Postingan Populer